Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor


Bila mendengar kata pura pasti yang terlintas di pikiran kita adalah Pulau Dewata Bali. Tapi untuk pura yang satu ini tidak berada di Bali, melainkan di Bogor. Ya siapa yang mengira kalau di lokasi yang tidak jauh dari Ibukota dan berjarak sekitar 1000 km dari Bali kita bisa melihat pura yang megah seperti yang ada di Bali.

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta merupakan pura terbesar di Jawa Barat dan terbesar ke-2 di Indonesia setelah Pura Besakih yang ada di Bali. Pura ini berdiri sejak tahun 1995 dan sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan pembangunan. Lokasi pura ini berada di kaki Gunung Salak, tepatnya di Ciapus, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. (sumber: Wikipedia)

Diperciki air suci sebelum masuk Pura (2008)
Saya pertama kali mengunjungi pura ini pada tahun 2008 bersama teman-teman kantor lama. Dan kunjungan kedua saya di tahun 2015 bersama teman-teman kantor saat ini. Dalam rentang waktu 7 tahun tersebut ternyata sudah banyak sekali perubahan yang terjadi, terutama kondisi jalan menuju pura. Dulu untuk mencapai pura ini kami harus berjuang karena kondisi jalan yang masih berbatu dan membuat motor slip beberapa kali, tetapi kini kondisi jalan sudah mulus beraspal, yang pastinya memudahkan kendaraan untuk mencapai pura ini.

Perubahan lainnya adalah area khusus wisatawan yang disiapkan di bagian samping halaman pura yang dibatasi oleh pagar bambu. Dulu saat saya datang belum ada area khusus tersebut, karena kami masih boleh masuk sampai halaman dalam saat sedang tidak ada yang sembahyang. Tetapi saat ini yang boleh masuk ke halaman dalam hanyalah yang ingin sembahyang, sedangkan wisatawan hanya boleh sampai gapura utama yang ada di depan pura.

Area dalam Pura (2008)
Perubahan tersebut mungkin untuk mengantisipasi banyaknya wisatawan yang datang agar tidak mengganggu orang-orang yang sedang sembahyang di dalam pura. Memang saat saya ke sana kondisi cukup ramai wisatawan.
Tidak heran banyak yang datang ke pura ini, karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Salak membuat udara di sini terasa sejuk dan pemandangannya juga bagus dengan masih banyaknya pepohonan. Selain itu di mana lagi bisa melihat pura yang megah tanpa harus jauh-jauh ke Bali.

Saat sampai di halaman depan pura (sebelum gapura), wisatawan akan diarahkan ke 2 jalur, yaitu ke gapura atau area wisatawan. Untuk ke gapura kita tinggal berjalan lurus dan menaiki anak tangga. Di sini kita bisa berfoto tetapi tidak boleh masuk melewati gapura, sehingga tidak bisa terlalu jelas melihat pura. Di dekat gapura ini terdapat patung Dewa Ganesha, salah satu dewa yang dihormati oleh umat Hindu.
Bila ingin menuju area wisatawan, dari halaman depan ambil jalur ke arah kanan sampai menemukan pendopo. Di pendopo ini kita akan diberikan kain kuning untuk diikatkan di pinggang. Dari pendopo ini kita tinggal berjalan sedikit ke arah atas untuk mencapai area wisatawan. Di sini lokasinya cukup luas untuk sekedar duduk-duduk dan bisa melihat pura dengan lebih jelas.

Jalan menuju pintu masuk, pura utama di sebelah kiri jalan

Wisatawan hanya boleh sampai gapura pintu masuk ini (2015)

Patung Ganesha yang berada di dekat gapura pintu masuk (2015)

Pura Parahyangan Agung Jakatkarta dilihat dari area wisatawan (2015)

Di bagian bawah pura utama juga terdapat pura yaitu Pura Pasar Agung dan Pura Melanting yang terletak di pinggir jalan. Tetapi pura ini tidak dibuka untuk umum.



Pura Pasar Agung dan Pura Melanting dilihat dari atas

Walaupun Pura Parahyangan Agung Jagatkarta ini dibuka untuk umum dan menjadi tempat wisata, tetapi tetap saja merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu. Oleh karena itu sebaiknya wisatawan yang datang menghormati pura ini dengan mengikuti ketentuan yang diberlakukan, antara lain: menjaga ketenangan, menjaga kebersihan, tidak merokok di area pura, dan mematuhi peraturan terkait area-area mana saja yang boleh dikunjungi dan yang tidak boleh dikunjungi.
Kita juga pasti tidak suka bila saat sedang beribadah ada orang yang berisik atau bila tempat ibadah kita menjadi kotor dan bau rokok.

Jadilah traveller yang bijak dalam bersikap di mana pun kita berada  ^_^

0 comments:

Posting Komentar