Hong Kong - Macau Trip day 5 : Keunikan dan Keindahan Central

Hari ini adalah hari terakhir kami bisa menikmati Hong Kong karena besok sudah akan menyeberang ke Macau. Tujuan hari ini adalah daerah Central yang akan berakhir di The Peak.

Untuk menuju daerah Central kami kembali mencoba transportasi umum yang berbeda, yaitu Star Ferry.  Kami menggunakan Star Ferry untuk menyeberang ke Pulau Hong Kong supaya bisa melihat pemandangan kota Hong Kong dari atas kapal (kalau naik MTR gak kelihatan karena lewat bawah laut).

Pulau Hong Kong yang berkabut

Central Pier

IFC Mall

Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Star Ferry Central menuju IFC Mall melewati The Hong Kong Observation Wheel (HKOW) yang berada tidak jauh dari pelabuhan. Ada jembatan yang menghubungkan pelabuhan dengan IFC Mall ini sehingga kami hanya mengikuti arus orang-orang yang berjalan untuk sampai di sana. Tempat ini menjadi tujuan pertama kami untuk mencari sarapan sekaligus makan siang.

IFC Mall merupakan bagian dari kompleks International Finance Centre (IFC) yang berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Central. Kompleks IFC terdiri dari perkantoran, Hotel Four Season dan pusat perbelanjaan, yang terdiri dari 2 tower yaitu 1IFC dan 2IFC. Tower 2IFC yang selesai dibangun pada tahun 2003 menjadi bangunan tertinggi ke-2 di Hong Kong. IFC Mall  juga menjadi lokasi salah satu Apple Store Hong Kong, yang selalu terlihat ramai.

Di depan IFC Mall terdapat taman terbuka yang sangat ramai. Lokasi ini kami manfaatkan untuk menikmati makanan. Yang membuat saya terkejut saat berada di taman ini adalah karena kebanyakan orang yang kami temui di sini merupakan para pekerja asal Filipina. Hal ini saya ketahui setelah melihat wajah dan mendengar percakapan mereka. Ternyata daerah Central memang menjadi tempat berkumpul pekerja Filipina, berbeda dengan pekerja Indonesia yang menjadikan Causeway Bay sebagai tempat berkumpul.

HKOW dan gedung 2IFC

Ramainya Apple Store IFC Mall

Western Market

Dari IFC Mall kami menuju Western Market menggunakan Ding-Ding Tram.
Western Market merupakan salah satu bangunan tertua yang terletak di 323 Des Voeux Road Central, Sheung Wan, Hong Kong. Keunikan bangunan ini ada pada dinding bangunan yang berwarna merah dan bentuk bangunan bergaya Edwardian.
Western Market masih berfungsi hingga saat ini. Kebanyakan toko-toko yang berada di sana menjual kerajinan, kain, dan restoran dengan harga yang cukup eksklusif  ^_^

Western Market

Di daerah Central banyak tempat yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki karena jaraknya yang tidak terlalu  jauh. Misalnya saja dari Western Market kami berjalan ke Hollywood Road dan melihat toko-toko yang menjual barang antik. Tidak jauh dari situ juga ada Man Mo Temple yang selalu ramai dikunjungi oleh turis.

Berjalan tanpa tujuan di daerah  ini terasa menyenangkan karena banyak yang bisa dilihat, salah satunya kehidupan warga lokal di balik gedung-gedung modern yang memenuhi area ini. Tapi satu hal yang harus dipersiapkan bila ingin berjalan kaki di sini yaitu stamina, karena seperti kebanyakan wilayah di Hong Kong, daerah Central merupakan wilayah perbukitan sehingga kita akan menemui banyak jalan mendaki ataupun berupa tangga.

Salah satu tangga di daerah Central

Bisa menemukan banyak pohon seperti ini
Salah satu sudut Central

Pasar di daerah Central
Mid Level Escalator

Perjalanan kami sampai juga ke Mid-level Escalator, salah satu tujuan wisata di daerah Central ini. Mid-level escalator merupakan escalator luar ruangan terpanjang di dunia dengan total panjang 800m dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menjelajahinya dari awal di daerah Central hingga berakhir di daerah Western District.

Walaupun dikatakan sebagai yang terpanjang tetapi escalator ini sebenarnya terdiri dari 20 rangkaian escalator dengan 14 pintu masuk dan keluar, sehingga kita bisa masuk atau keluar dari rangkaian escalator ini sesuai dengan tujuan kita.

Escalator ini hanya berjalan satu arah karena memang hanya ada 1 jalur, sehingga bila ingin menggunakannya kita harus tahu jadwal operasional sesuai dengan tujuan. Escalator akan beroperasi menurun dari Western District menuju ke Central dari pukul 6 pagi hingga 10 siang. Sementara untuk arah naik dari Central menuju ke Western District dari pukul 10 siang hingga tengah malamyang berlaku setiap hari.

Bila ingin ke arah yang berbeda dengan operasional escalator tidak perlu khawatir karena di sampingnya ada jalur pejalan kaki yang bisa digunakan.

Salah satu escalator yang berada di Central

Wajib berdiri di kanan, jalur kiri untuk yang buru-buru

Mid Level Escalator dilihat dari atas

The Peak

Tujuan utama hari ini dan menjadi tujuan wisata terakhir di Hong Kong adalah The Peak. Niatnya mau menuju The Peak dengan menggunakan Peak Tram, bahkan kami sudah sampai di The Peak Tram Terminus, tetapi apa daya ternyata sedang tidak beroperasi (sepertinya karena cuaca yang berkabut -_-). Akhirnya kami pun menggunakan bus untuk menuju The Peak. Untuk bisa mencapai The Peak kita bisa menggunakan berbagai alternatif, yaitu menggunakan Peak Tram, bus, taksi, atau berjalan kaki.

The Peak Tram Terminus

Jarak pandang sangat terbatas

Victoria Peak atau yang lebih dikenal dengan nama The Peak merupakan gunung tertinggi yang berada di Pulau Hong Kong. Dengan ketinggian mencapai 552m, lokasi ini menawarkan pemandangan terbaik kota Hong Kong dan semenanjung Kowloon. Maka tidak heran bila setiap tahunnya dikunjungi hingga 7 juta pengunjung
Keindahan pemandangan dan udara yang sejuk di sini menjadi alasan pembangunan permukiman elit di Hong Kong di wilayah ini. Hal inilah yang menjadi alasan awal dimulainya pembangunan di daerah Victoria Peak.

Untuk bisa menikmati pemandangan dari The Peak, ada 2 alternatif lokasi yang bisa kita kunjungi yaitu di The Peak Tower dan The Peak Galleria. The Peak Tower menawarkan pemandangan 360 derajat dari lokasi tertinggi di sini, sedangkan The Peak Galleria menawarkan lokasi gratis untuk menikmati pemandangan. Tetapi secara keseluruhan pemandangan dari 2 lokasi ini tidak akan jauh berbeda, sehingga kami pun memanfaatkan lokasi yang gratis saja ^_^.

Selain untuk menikmati pemandangan, kita juga bisa mengunjungi Museum Madam Tussauds yang berada di The Peak Tower serta berbagai restoran dan toko suvenir di The Peak Tower dan The Peak Galleria.

Kami sengaja ke The Peak sore hari karena ingin melihat suasana saat malam hari Hong Kong dari sini. Sayangnya cuaca sedang berkabut sehingga pemandangan tidak begitu jelas. Tetapi saat malam menjelang dan lampu-lampu mulai dinyalakan, keindahan kota Hong Kong tetap terlihat.

Background : The Peak Tower
Gedung - gedung tertutup kabut

Tetap terlihat indah walau berkabut

Malam terakhir di Hong Kong kami habiskan dengan menikmati suasana di Victoria Harbour. Melihat pemandangan di sini membuat saya merasa berat untuk meninggalkan kota ini. Masih banyak tempat yang belum sempat dijelajahi, membuat saya bertekad untuk bisa kembali lagi ke sini ^_^

Kapal Jukung melintas di Victoria Harbour

Pulau Hong Kong dilihat dari Kowloon

Pemandangan malam terakhir di Hong Kong

(melihat foto-foto ini membuat jadi kangen sama Hong Kong....)