Hong Kong - Macau Trip Day 7 : Ziarah di Kota Judi Part 2




Hari kedua di Macau kami mulai sepagi mungkin. Lokasi menginap yang dekat dengan Ruin of St. Paul memudahkan kami dalam mencapai tujuan, yaitu gereja dan tempat wisata di sekitar Ruin of St. Paul. Hari ini memang kami tidak akan fokus pada gereja saja, tetapi beberapa lokasi wisata yang sudah dikenal di Macau.


1. Cathedral




Gereja Katedral Macau memiliki sejarah yang cukup  panjang. Gereja ini pertama kali dibangun pada tahun 1576. Pada awal pembangunan gereja hanya berupa bangunan kayu yang kecil. Pada tahun 1849 umat Katolik lokal mengumpulkan dana untuk merenovasi bangunan gereja hingga menjadi besar seperti yang ada sekarang ini. Sekitar 24 tahun setelah katedral direnovasi, badai topan merusak bangunan gereja sehingga gereja direnovasi kembali pada tahun 1937.
Gereja yang berada di Rua de S.Domingos ini bukanlah gereja terbesar yang ada di Macau, tetapi merupakan salah satu yang termegah.

Gereja Katedral
Interior Gereja Katedral

Wadah lilin ditempel kertas yang berisi doa atau permohonan

2. St. Dominic Church

Gereja St.Dominic merupakan gereja yang paling dikenal oleh turis di Macau. Hal ini karena lokasinya yang sangat dekat dengan salah satu bangunan simbol kota Macau, Ruin of St.Paul, sehingga hampir setiap turis yang mengunjungi Ruin of St.Paul juga akan mengunjungi gereja ini. 

Seperti gereja lainnya di Macau, pada awalnya gereja ini dibangun dengan menggunakan kayu, dan dibangun kembali menjadi bangunan batu pada tahun 1828.

Gereja St. Dominic

Altar Gereja St.Dominic
Di Gereja ini terdapat museum yang menyimpan artefak "Treasure of Sacred Art", yang terdiri dari benda-benda peninggalan misionaris di masa lampau. Pintu masuk museum ada di samping Gereja. Museum terdiri dari 4 lantai yang harus dicapai dengan tangga kayu.
Setiap lantai menampilkan benda-benda yang berbeda, seperti patung para misionaris, patung orang kudus, perlengkapan misa, lukisan hingga busana yang digunakan oleh misionaris pada jaman dulu.


Tangga menuju Museum Treasure of Sacred Art

Patung St. Lucia menjadi salah satu benda yang ada di museum
 
Perhiasan yang dipamerkan di museum


3.  St. Anthony Church




Gereja yang dibangun sebagai penghormatan kepada Santo Antonius Padua, Santo pelindung para pelaut dan nelayan, ini pertama kali dibangun pada tahun 1588 dengan menggunakan kayu dan bambu. Pada tahun 1638 Gereja direnovasi menggunakan batu. Model bangunan yang ada sekarang sendiri merupakan hasil renovasi  tahun 1930 dan 1950.

Gereja St. Anthony
Interior Gereja St. Anthony
 
Patung St. Antonius Padua (tengah)

4. Ruin of St Paul



Setiap orang yang datang ke Macau biasanya akan mampir ke sini karena bisa dikatakan inilah icon Macau. Yups.... Ruin of St Paul menjadi must visit place bagi turis di Macau.
Didirikan pada tahun 1602 dan selesai pada tahun 1640 oleh misionaris Jesuit (salah satu ordo Katolik), gereja ini merupakan salah satu gereja terbesar di Asia pada masanya.
Pada tahun 1835 badai yang menerjang Macau menyebabkan kebakaran dan menghancurkan gereja ini hingga meninggalkan satu bagian dinding saja seperti yang terlihat saat ini.

Di bagian belakang reruntuhan gereja terdapat museum yang memamerkan sisa fondasi gereja dan benda-benda peninggalan gereja yang berhasil diselamatkan dari kebakaran.


Foto Ruin of St. Paul dari masa ke masa

Sisa reruntuhan Gereja

Tidak jauh dari Ruin of St. Paul terdapat situs sejarah yang dinamakan The Old City Walls dan Na Tcha Temple. Selain itu juga terdapat Macau Museum yang berisi sejarah dari Macau. Saya tidak masuk ke museum ini karena ingin mengeksplor di bagian luar saja.





Na Tcha Temple

Cerita Legenda Na Tcha

Gerbang menuju Macau Museum

Macau Museum terletak di Monte Fortres yang merupakan bekas benteng pada masa penguasaan Portugis. Bila tidak masuk ke museum kita tetap bisa naik hingga puncak bukit di mana kita bisa melihat pemandangan Macau ke segala arah. 


Banyak meriam di bekas benteng ini

Salah satu pemandangan dari Monte Fortres

Tempat lain yang saya kunjungi di Macau adalah Macau Tower dan Venetian Resort, tapi hanya sebentar untuk sekedar mengetahui kedua tempat yang terkenal di kalangan turis. 





Sunset di Macau Tower
Sebagian besar lokasi wisata di Macau jaraknya berdekatan dan terjangkau dengan jalan kaki. Selama di Macau, saya memang lebih banyak berjalan kecuali saat menuju Macau Tower dan Venetian Resort yang lokasinya cukup jauh dari Ruin of St Paul.

Dua hari di Macau menurut sebagian orang merupakan waktu yang cukup lama untuk mengeksplor, tapi bagi saya sendiri masih kurang, karena saya belum sempat mengeksplor wilayah Coloane. Macau memillliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dijelajahi terutama bagi pecinta sejarah dan bangunan kuno. Oleh karena itu saya berharap bisa kembali lagi ke sini dan menjelajahi daerah yang belum sempat saya datangi. Amin..... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar